September 27, 2011

Walimatussafarul Hajj


Minggu, 18 September 2011 telah diselenggarakan acara pengajian dalam rangka walimatussafarul hajj para calon jamaah haji tahun 1432 H dari Desa Buntu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap yang teridiri dari 6 orang, yaitu:
1.      Bpk. Ahmad Mahfudin Yusa [bapake]
2.      Ibu Kasmiyah [mamake]
3.      Bpk. Liwon Sanwarji
4.      Ibu Sabiyah
5.      Ibu Rohimi
6.      Ibu Sriyati

Pengajian diisi oleh Bpk. KH. Ahmad Sobirin dari Rawalo, Banyumas. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan 15 tempat paling mustajab di tanah suci, yaitu tempat-tempat berdoa yang istijabah (maqbul). Tempat-tempat itu adalah:
1.      sekitar tempat Tawaf
2.      multazam
3.      di bawah Pancuran/Talang Emas/Hijir Ismail
4.      di dalam Ka'bah
5.      sekitar sumur Zam Zam
6.      Sofa
7.      Marwah
8.      sepanjang jalur Sa'i
9.      di belakang Makam Ibrahim
10.   Arafah
11.   Muzdalifah
12.   Mina
13.   sekitar Jumrah Ula
14.   sekitar Jumrah Wusta
15.   sekitar Jumrah Aqobah

Beliau menceritakan pengalaman ketika beliau menunaikan ibadah haji bersama istri. Pada waktu itu istri beliau kehilangan handphone, tas yang dibawa sudah diobok-obok diperiksa ga ketemu juga. Kemudian beliau berdoa di salah satu tempat di atas agar handphone tersebut dapat kembali dan Subhanallah... pada waktu kembali ke penginapan, pada saat akan mengambil kunci kamar di tas, benda pertama yang kepegang justru handphone yang tadi dinyatakan hilang... Subhannallah...

Acara pengajian dimulai pada Pk. 13.30 dipandu oleh MC Sdr. Kuat dan tilawatil qur’an oleh Sdr. Abas Syamsudin. Sambutan dari sohibul hajat diwakili oleh Bpk. Khaerudin (pakde rudin), sambutan kedua oleh Kepala Desa yaitu Bpk. Samingun.

Alhamdulillah acara relatif berjalan lancar, meski sempat ada kendala karena membludaknya jamaah yang hadir mengikuti pengajian. Tenda yang disediakan tidak mampu menampung jamaah yang hadir, padahal sudah menyewa tenda yang super besar berkapasitas sekitar 900 kursi. Kursi cadangan sebanyak 600 kursi pun akhirnya digelar juga, jadi total jamaah sekitar 1500 orang. Semua kursi terisi hanya beberapa dibiarkan kosong karena tempatnya panas, tetapi banyak yang akhirnya lesehan di emperan teras tetangga. Pekarangan depan rumah pun tidak luput dijadikan tempat tambahan. Sound system juga sempat mengalami kendala, karena memang disetting dan dipersiapkan hanya untuk jamaah yang ada di dalam tenda, sehingga jamaah yang diluar tenda kurang dapat mendengar suara dengan jelas.

Semoga beliau-beliau yang akan menunaikan ibadah haji senantiasa diberikan kemudahan dan kekuatan di setiap langkahnya, menjadi haji yang mabrur... Dan bagi para jamaah yang hadir dan belum berkesempatan semoga Allah SWT segera memberikannya kemampuan untuk melaksanakan rukun islam yang kelima itu... Amiin...

poto2nya nyusul ya....

No comments: