September 12, 2011

General Appliance Corporation, KASUS 6-3 Hal. 315



A.     Masalah Utama Kompor
1.      Divisi Produk Chrome
Divisi Produk Chrome yakin dengan kenaikan harga sebesar 90 sen tidak akan merugikan Divisi Kompor Elektrik karena dengan peningkatan kualitas produk maka akan dapat menarik konsumen lebih banyak.
2.      Divisi Kompor Elektrik
Divisi Kompor Elektrik menyatakan bahwa kenaikan harga komponen sebesar 90 sen hanya akan menguntungkan secara sepihak hanya bagi Divisi Produk Chrome sedangkan Divisi Kompor Elektrik akan menanggung kerugian karena kenaikan harga komponen.
3.      Analisis Staf Keuangan
Setelah menugaskan Staf Teknik untuk meninjau operasi tambahan yang dilakukan oleh Divisi Chrome serta menilai efesiensi proses sehingga tambahan harga sebesar 90 sen dinilai layak, Staf Pemasaran diminta untuk melakukan survey pasar mengenai produk Kompor Elektrik yang berkualitas sama dengan setelah adanya operasi tambahan tersebut. Dari hasil survey tersebut ternyata pada tingkat harga $10,9 adalah tingkat harga yang wajar untuk produk tersebut. Sehingga disarankan agar Divisi Kompor Elektrik dapat memenuhi kebutuhannya dari Divisi Produk Chrome bukan dari pemasok luar.


B.     Masalah Pengendalian Thermostatis
1.      Divisi Motor Listrik
Divisi Moror Listrik yakin bahwa Monson Controls Corp memasang pada harga $2,15 hanya sebagai iming-iming belaka untuk menarik pelanggan atau hanya sekedar menghabiskan barang yang sudah diproduksi. Divisi Motor Listrik yakin penetapan harga $2,15 tidak akan bertahan lama dan setelahnya justru Monson Controls Corp akan menaikkan melebihi harga normal untuk menutup kerugian. Dalam jangka pendek mungkin akan kelihatan menguntungkan, namun dalam jangka panjang justru akan merugikan. Bukan hanya Divisi Mesin Cuci dan Kulkas yang rugi, tapi General Appliance Corp secara keseluruhan akan rugi karena produk dari Divisi Motor Listrik mengalami penurunan pendapatan dari tidak memasok ke Divisi Mesin Cuci dan Kulkas.
2.      Divisi Mesin Cuci
Divisi Mesin Cuci tetap berpendapat seharusnya dapat memperoleh pasokan pengendali suhu pada harga $2,15 darimanapun, apakah itu dari Divisi Motor Listrik ataupun dari pemasok luar. Divisi Motor Listrik harus memikirkan cara yang lebih efisien lagi dalam produksinya, misalnya dengan survey pasar untuk mencari komponen yang lebih murah sehingga harga jual produknya bisa mencapai tingkat harga yang sama dengan pemasok luar.
3.      Divisi Kulkas
Divisi Kulkas akan tetap meminta untuk menggunakan pemasok dari luar, apabila Divisi Motor Listrik tidak dapat mencapai tingkat harga $2,15. Divisi Kulkas juga harus mengefisienkan biaya untuk dapat memperoleh laba yang optimal, yaitu dengan mencari komponen-komponen yang lebih murah dengan kualitas yang baik.
4.      Analisis Staf Keuangan
Berdasarkan survey pasar yang menyimpulkan bahwa penurunan tingkat harga pengendali suhu saat ini disebabkan karena kelebihan kapasitas produksi, maka Staf Keuangan menyarankan hal-hal sebagai berikut:
a.      Divisi Motor Listrik agar menurunkan kapasitas produksi agar tidak semakin menambah peredaran produk di pasaran;
b.      Divisi Mesin Cuci dan Kulkas agar membeli produk pengendali suhu tahun ini sebanyak 50% dari Divisi Motor Listrik dan 50% dari pemasok luar;
Dengan demikian akan tidak terlalu merugikan semua pihak, memang masing-masing pihak dengan begitu tidak dapat mengoptimalkan laba. Namun dalam kondisi saat ini itulah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.

C.     Masalah Transmisi
1.      Divisi Mesin Cuci
Divisi Mesin Cuci menghendaki agar Divisi Gear and Transmission menurunkan harga untuk pasokan ke divisinya dan meminta agar Divisi Gear and Transmission meningkatkan pemasarah ke pihak luar. Divisi Mesin Cuci mengharapkan adanya perbedaan harga daripada yang dipasok ke pihak luar.
2.      Divisi Gear and Transmission
Divisi Gear and Transmission tetap pada harga $12 sesuai asumsi pengerjaan proyek dan meminta agar Divisi Mesin Cuci dapat mengefisienkan biaya dari komponen lain.
3.      Analisis Staf Keuangan
Staf Keuangan melakukan analisa secara menyeluruh terhadap usulan proyek yang diajukan oleh Divisi Gear and Transmission serta mempertimbangkan masukan dari Divisi Mesin Cuci. Staf Keuangan menilai bahwa Divisi Gear and Transmission dapat lebih mengefisienkan biaya produksi sehingga dapat mencapai tingkat harga jual di bawah $12. Oleh karena itu Staf Keuangan menyarankan agar Divisi Gear and Transmission meneliti kembali proses produksinya.

No comments: